Pengertian dan Sejarah Sistem Pakar

Pengertian Sistem Pakar

Pengertian dan Sejarah Sistem Pakar - Menurut Martin dan Oxman (1988) sistem pakar adalah sistem yang berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tersebut (Kusrini, 2006:11).

Edward Feigenbaum (1982) mendefinisikan sistem pakar sebagai suatu program komputer cerdas yang menggunakan knowledge (pengetahuan) dan prosedur inferensi untuk menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang membutuhkan seorang ahli untuk menyelesaikannya (Arhami, 2005:2).

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa sistem pakar adalah sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran menyerupai seorang pakar dalam memecahkan masalah. Sistem pakar adalah salah satu jalan untuk mendapatkan pemecahan masalah secara lebih cepat dan mudah.

Dengan sistem pakar, seseorang yang awam pun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit atau bisa juga hanya sekedar mencari informasi berkualitas yang sebenarnya hanya bisa diperoleh dengan bantuan para ahli. Sistem pakar juga dapat membantu aktifitas pakar, yang difungsikan sebagai assisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan.

Sistem pakar merupakan sebuah terobosan dalam mengambil dan memadukan pengetahuan dengan teknologi. Dalam penyusunannya, sistem pakar mengkombinasikan aturan-aturan penarikan kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang berasal dari pengalaman maupun penelitian satu atau lebih pakar dalam bidang tertentu. Kombinasi dari kedua hal tersebut kemudian diolah dalam komputer, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah tertentu.

Sejarah Sistem Pakar

1943 Post E.L. membuktikan bahwa permasalahan-permasalahan komputasi dapat diselesaikan dengan aturan IF-THEN.
1961 General Problem Solver (GPS) oleh A. Newell and H. Simon. Adalah sebuah program yang dibangun untuk menyelesaikan permasalahan mulai dari games sampai matematika integral.
1969 DENDRAL. Dibangun di Stamford University atas permintaan NASA (Buchanan and Feigenbaum) untuk melakukan analisis kimiawi terhadap kondisi tanah di planet Mars.
1970s MCYN. Dibuat untuk diagnosa medis oleh Buchanan dan Shortliffe.
1982 R1/XCON adalah sistem pakar pertama yang dibuat oleh para peneliti di Carnegie Melon University (CMU).

Perbedaan Sistem Konvensional dan Sistem Pakar 

Sistem Konvensional Sistem Pakar
Informasi dan pemrosesannya biasanya jadi satu dengan program Basis pengetahuan merupakan bahgian terpisah dari mekanisme inferensi
Program tidak pernah salah (kecualai pemrogramnya yang salah) Program bisa saja melakukan kesalahan
Biasanya tidak bisa menjelaskan mengapa suatu input data dibutuhkan atau bagaimana output itu diperoleh Penjelasan adalah bagian terpenting dari system pakar
Pengubahan program cukup sulit dan merepotkan Pengubahan pada aturan / kaidah dapat dilakukan dengan mudah
Sistem hanya akan bekerja jika sistem tersebut sudah lengkap Sistem dapat bekerja hanya dengan beberapa aturan
Eksekusi dilakukan langkah demi langkah secara algoritmik Eksekusi dilakukan pada keseluruhan basis pengetahuan secara heuristik dan logis
Menggunakan data Menggunakan pengetahuan
Tujuan utamanya adalah efisiensi Tujuan utamanya adalah efisiensi

Struktur Sistem Pakar 
2 bagian utama sistem pakar : 
  • Lingkungan pengembangan (development environment) : Digunakan untuk memasukkan pengetahuan pakar ke dalam lingkungan sistem pakar 
  • Lingkungan konsultasi (consultation environment) : Digunakan oleh pengguna yang bukan pakar untuk memperoleh pengetahuan pakar 
Arsitektur Sistem Pakar 
Arsitektur Sistem Pakar
Arsitektur Sistem Pakar
Tag : Sistem Pakar
0 Komentar untuk "Pengertian dan Sejarah Sistem Pakar"

Back To Top