Sistem Pakar : Representasi Pengetahuan

Sistem Pakar : Representasi Pengetahuan - Dalam Sistem Pakar, pengetahuan yang telah di uraikan, direpresentasikan kedalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer. Menurut Firebaugh (1989), terdapat empat teknik untuk representasi pengetahuan yaitu Jaringan Semantik, frame, script dan aturan produksi atau sistem produksi.

- Jaringan Semantik
Jaringan semantik merupakan jaringan data dan informasi, yang menunjukan hubungan antar berbagai objek dimana informasi yang terhubung tersebut adalah informasi yang proporsional (suatu pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah). Dalam matematika, istilah jaringan semantik merupakan suatu label atau graph berarah.

Struktur jaringan semantik terdiri dari node atau simpul dan busur atau arc yang menghubungkannya. Simpul menyatakan objek sedangkan busur menyatakan links. Links dari jaringan semantik digunakan untuk menunjukkan hubungan (relationship) antar simpul-simpul tersebut. Jaringan semantik dapat diperluas (Expanding) dengan menambah node yang bersesuaian pada jaringan semantik tersebut. Node (simpul) baru tersebut dapat merupakan objek tambahan ataupun properti tambahan.

- Frame
Salah satu skema yang telah digunakan dalam banyak aplikasi adalah frame (bingkai) (Minsky : 1975). Frame dapat dipandang sebagai struktur data statik yang digunakan untuk merepresentasikan situasi-situasi yang telah dipahami dan stereotype. Frame berupa kumpulan-kumpulan slot-slot yang digunakan atau merupakan atribut untuk mendeskripsikan pengetahuan. Pengetahuan yang termuat dalam slot dapat berupa kejadian, lokasi, situasi ataupun elemen-elemen lain. Frame digunakan untuk representasi pengetahuan deklaratif.

Berikut ini digambarkan struktur frame :

Gambar Struktur Frame
Gambar Struktur Frame
Frame terdiri dua elemen dasar, yaitu slot dan facet (merupakan subslot). Slot merupakan kumpulan atribut atau properti yang menjelaskan objek yang direpresentasikan oleh frame dan subslot menjelaskan pengetahuan atau prosedur dari atribut pada slot.

Slot dalam frame mungkin berisi informasi sebagai berikut :
  1. Informasi identifikasi frame.
  2. Hubungan frame dengan frame yang lain.
  3. Penggambaran persyaratan yang dibutuhkan frame.
  4. Informasi prosedural untuk menggunakan struktur yang digambarkan.
  5. Informasi default frame.
  6. Informasi baru.
Sedangkan, subslot terdiri dari beberapa bentuk antara lain :
  1. Value : nilai dari suatu atribut.
  2. Default : nilai yang digunakan jika slot kosong atau tidak dideskripsikan pada instansiasi frame.
  3. Range : jenis informasi yang muncul pada slot.
  4. If added : berisi informasi tindakan yang akan dikerjakan jika nilai slot diisi.
  5. If needed : Facet (subslot) ini digunakan pada kasus dimana tidak ada value pada slot.
  6. Other : Slot dapat berisi frame, rule, jaringan semantik ataupun tipe lain dari informasi.
Terdapat dua jenis properti yaitu properti statis dan dinamis. Properti statis merupakan fitur dari objek yang tidak dapat berubah, sedangkan properti dinamis merupakan fitur yang dapat berubah selama sistem barjalan.

- Script
Script merupakan skema representasi pengetahuan yang sama dengan frame.Hanya saja frame menggambarkan objek sedangkan script menggambarkan urutan peristiwa. Penggambaran urutan peristiwa pada script menggunakan serangkaian slot yang berisi informasi tentang orang, objek dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.

- Sistem Produksi
Kaidah Sistem produksi menjadi acuan yang sangat sering digunakan oleh metode inferensi sistem pakar dan dalam kasus penyelesaian masalah tingkah laku manusia, atau dalam produksi sederhana. Pengetahuan dalam sistem produksi dapat direpresentasikan oleh himpunan kaidah dalam bentuk :IF [kondisi] THEN [aksi].

Gambar  Komponen Sistem Produksi
Gambar  Komponen Sistem Produksi

Terdapat tiga elemen utama dari semua sistem produksi, yaitu :
  1. Database global Merupakan struktur data utama dari sistem produksi.
  2. Kaidah produksi Kaidah produksi mempunyai bagian kondisi (IF) yang disebut bagian kanan dan aksi (THEN) yang disebut bagian kiri.
  3. Sistem control Merupakan program penterjemah yang esensial untuk mengontrol urutan dimana kaidah-kaidah produksi dipicu dan menyelesaikan konflik jika lebih dari satu kaidah yang diaplikasikan.
Tag : Sistem Pakar
0 Komentar untuk "Sistem Pakar : Representasi Pengetahuan"

Back To Top